About my Blog

Share Information; Blogs, Travel, Technology, Tutorial, Business, College and etc.

Jumat, 04 Juni 2010

Tips Irit Berkendara

Belum lama ini terdengar kabar kalau pemerintah akan membatasi penggunaan BBM bersubsidi khususnya kendaraan pribadi. Diharapkan nantinya para pengguna kendaraan pribadi yang merasa mampu untuk membeli atau menggunakan BBM non subsidi seperti Pertamax dan Pertamax Plus.

Bagi para pemilik kendaraan bermotor khususnya mobil tentunya hal ini tidak seberat bagi para pemilik sepeda motor. Biarpun begitu pasti tetap ada yang protes. Contohnya kalangan ekonomi yang pas - pasan. Tapi kalau memang masih mampu untuk membeli BBM non subsidi ya kenapa tidak?

Kalau sudah begini pasti pemerintah susah mengaturnya kan? Nah ada baiknya kalau kita mensiasati penggunaan kendaraan kita supaya lebih irit dan optimal ketika digunakan andaikata wacana pemerintah untuk membatasi penggunaan BBM bersubsidi jadi kenyataan.

Berikut ini beberapa tips bagi para pemilik mobil pribadi agar tetap dapat menggunakan mobilnya dengan irit dan optimal :

1. Kalau mampu biasakan untuk mengisi bensin anda hingga penuh. Dengan demikian anda tidak perlu bolak balik ke SPBU untuk mengisi bensin.

2. Gunakan BBM yang sesuai dengan mesin mobil anda. Kendaraan tipe baru dan tahun keluaran baru biasanya sudah distandarisasi dengan Euro 2 dimana mobil - mobil tersebut lebih baik menggunakan bensin dengan oktan tinggi seperti Pertamax dan Pertamax Plus.

3. Biasakan untuk menggunakan mobil anda beramai - ramai. Dalam artian apabila anda bersama teman atau kenalan anda hendak pergi ke arah yang sama ajaklah untuk pergi bersama anda. Selain mengurangi jumlah kendaraan yang ada di jalan juga memaksimalkan penggunaan mobil anda (mobil yang beredar di Indonesia kebanyakan memiliki kapasitas penumpang 4 hingga 8 orang).

4. Gunakan mobil anda jika memang benar - benar perlu (harus pergi bersama beberapa orang, perjalanan anda cukup jauh dan tidak ada kendaraan umum menuju kesana, anda harus membawa barang yang cukup merepotkan, dll.).

5. Apabila hendak mengurangi konsumsi BBM, matikan AC mobil anda dan pastikan anda membuka minimal 2 jendela mobil anda, sehingga tidak mengurangi laju mobil anda secara tidak seimbang.

6. Jangan membawa beban berlebih karena dapat membuat kerja mesin lebih keras dan mengkonsumsi bensin lebih banyak.

7. Kendarai mobil anda dengan kecepatan konstan dan putaran mesin dalam taraf normal untuk mengoptimalkan konsumsi BBM pada mesin mobil anda.

8. Jangan biasakan untuk menambah kecepatan lalu mengerem tiba - tiba karena dapat memperpendek umur mesin dan menambah konsumsi BBM.

9. Untuk yang tidak yakin mesin mobilnya cocok dengan bensin beroktan tinggi coba dulu untuk mengoplos bensin jenis Premium dengan Pertamax dengan perbandingan 50 : 50 lalu meningkat jadi 25 : 75. Dilanjutkan menjadi 100% menggunakan Pertamax.

10. Selalu cek kondisi mesin dan keadaan mobil anda secara rutin untuk mencegah kerusakan dan menjaga agar mesin tetap mengkonsumsi BBM dalam jumlah normal.

Itu tadi beberapa tips dari saya semoga bermanfaat bagi para pengguna mobil pribadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar