About my Blog

Share Information; Blogs, Travel, Technology, Tutorial, Business, College and etc.

Jumat, 04 Juni 2010

Bahasa Pemrogramana Lingo

“LINGO” pasti banyak yang baru denger??? Karena SAYA juga baru denger, hehehe Lingo menjadi pembicaraan yang hangat akhir-akhir ini dikelas 3 ia o7 universitas gunadarma tentunya,,hehe lagi.. usut punya usut ternyata Lingo itu adalah suatu Bahasa pemrograman,, bahasa pemrograman ini juga merupakan bahasa baru pada saat ini tentunya (kalo yang baca posting ini tahun 2020 ya bukan baru lagi hehehe)
Ada hal yang unik dari bahasa pemrograman lingo ini, bahasa pemrograman ini ternyata sangat mudah dimengerti bagi pemula yang ingin mempelajarinya, tapi kalo menurut saya sih ya tergantung orangnya juga, kalau pengen belajar serius , bahasa apa saja pasti mudah dipelajari.
Lingo merupakan bahasa pemrograman director dan merupakan pemrograman berorientasi objek (OOP)
Didalam Lingo terdapat 3 (tiga ) jenis script , yaitu
1. Behaivior script
2. Movie script
3. Parent script
4. cast member script

Behaivior
script yang ditulis untuk mengontrol properties dan gerakan sprite. Tipe script ini memudahkan pemrograman yang berorientasi pada objek atau lebih dikenal dengan istilah OOP (Objectoriented programming).

Movie script
script yang tidak ditulis untuk sprite melainkan untuk mengontrol movie. Tipe script ini dapat digunakan untuk mengontrol berbagai aspek pads movie, khususnya ketika mulai dan akhir dari sebuah movie. Tipe script ini juga dapat disesuaikan dengan script lain untuk0020penggunaan handle pada instance.

Parent script
script yang digunakan untuk membuat atau melahirkan sebuah objek ke dalam Global Uariabel dengan perintah new". Objek-objek ini nantinya dapat mengontrol sprite dan media kontrol lainnya tanpa dihubungkan langsung dengan sprite menggunakan script atau bahkan dapat digunakan untuk mengontrol data atau objek yang tidak terlihat. Untuk Behavior, Movie, dan Parent script, cast member script akan berdiri sendiri.

Cast member script
script yang ditulis secara langsung pada cast member di dalam Cast window tanpa membuat cast member baru seperti tipe script lainnya. Ketika cast member ditempatkan pada stage dan berubah menjadi sprite, scat itu pula script yang ada pada cast member diaktilkan. Cast member yang diberi script akan menampilkan ikon script di pojok kiri bawah thumbnail cast member.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar