About my Blog

Share Information; Blogs, Travel, Technology, Tutorial, Business, College and etc.

Selasa, 02 Maret 2010

Mengoptimalkan Blog Kita di Search Engine!

Saat ini pihak kampus sedang gencarnya memberikan tugas kepada mahasiswa untuk menulis di blog. Gayung pun bersambut mahasiswa gencar pula menuangkan ide-ide, aktivitas, pengalaman, bahkan penemuan-penemuan mereka. Blog kini bukan sekedar sebagai sarana untuk mengumpulkan tugas saja. Tapi sudah mulai menjadi bagian dari trend baru di kampus gunadarma. Kini ketika sedang online tidak hanya situs jejaring sosial facebook saja yang dibuka, tapi juga blognya masing-masing.
Kurang afdol jika tulisan-tulisan kita hanya dilihat oleh blogroll (sesama teman blogger) atau dosen softskill saja. Tujuaannya supaya tulisan-tulisan kita tadi bisa dikunjungi dan dilihat banyak orang dari seluruh belahan dunia atau sebutannya Search engine Optimization (SEO). Jadi ketika seseorang mengakses mesin pencari lalu mengetikkan keyword yang berhubungan dengan topik pada website/blog kita secara otomatis link website/blog kita ada di first page atau halaman pertama. Berbicara bisa dilihat semua orang berbicara tentang mesin pencari. Mesin pencari digunakan untuk mencari seluruh data yang tersimpan dalam database web server diseluruh dunia. Ada banyak search engine yang ada antara lain google, yahoo, alta vista, dll.
Ada beberapa cara ampuh untuk mengoptimalkan mesin pencari. Yang akan saya bahas adalah mengenai Metadata Description dan Meta Keyword. Sebagai catatan untuk mengubah atau menambahkan tag-tag dibawah ini langkah yang harus dilakukan dengan masuk ke akun blogger anda. kemudian pilih "Layout", pilih tab "Edit HTML". Maka akan muncul pada listbox source code-nya. Kalau masih kesulitan mencarnya, tekan Ctrl+f kemudian ketkkan kata "meta". Maka akan di highlight tag-tag tersebut.
a. Meta Description
Meta Description bertujuan untuk memberikan mesin pencari penjelasan mengenai apa isi dari website/blog kita. Untuk melihat meta description suatu website, sebagai contoh pada situs www.vivanews.com. Dari browser, klik kanan lalu pilih view page source untuk melihat kode HTML dari halam website tersebut. Kode meta description dapat anda cari dengan menekan ctrl+f kemudian ketikkan kata “meta description”. Nah kita telah mendapatkan kode meta description bertuliskan berikut :



Kita dapat mengetahui kalau kode diatas adalah meta description dengan melihat name nya yang bertuliskan “name=description”. Jadi ketika kita mengetikkan keyword “vivanews” maka akan tampil description seperti gambar berikut.



b. Meta Keyword
Sesuai dengan namanya meta keyword berisi kata kunci yang terdapat pada sebuah website. Untuk lebih jelasnya kita dapa melihat contoh meta keyword berikut :



Kita dapat mengetahui kode diatas adalah sebuah meta keyword karena memiliki name=keyword. Sedangkan deretan kata-kata dan kalimat didalam tanda kutip diatas merupakan kata kunci yang apabila dalam mesin pecari kita masukkan salah satu kata atau kalimat yang ada dala meta keyword diatas maka secara otomatis website/blog kita minimal akan berada dihalaman pertama hasil pencarian mesin pencari.

Demikian sedikit tutorial yang bisa saya berikan, maklum masih nubi. Mudah-mudahan bisa bermanfaat buat yang kita semua.

3 komentar: