About my Blog

Share Information; Blogs, Travel, Technology, Tutorial, Business, College and etc.

Minggu, 07 Maret 2010

Mempopulerkan Blog

Seorang blogger tidak hanya harus pintar menulis dan menuangkan pemikirannya dalam tulisan-tulisan di blog, tapi juga harus bisa mempromosikan atau mempopulerkan tulisan-tulisannya yang tentu saja bukan plagiat. Tulisan-tulisan yang luar biasa tersebut akan percuma bila tidak ada yang membaca. Ibarat seorang pujangga yang memiliki syair-syair yang indah tapi tidak ada orang yang menikmati keindahan syairnya. Berikut ini beberapa tips yang efektif untuk mempopulerkan blog anda :
1. Blogwalking, para blogger menyebut istilah blogwalking adalah mengunjungi blog lain dan meninggalkan komentar (shoutmix/shoutbox) didalamnya. Dengan meninggalkan pesan atau komentar, pemilik blog dan blogger lain akan balas mengunjungi blog kita yang otomatis mejelajahi halaman-halaman blog dan membaca tulisan-tulisan kita. Tanpa harus mencar satu persatu blog lain di google, cukup melalui link blogroll anda dan orang lain anda dapat melakukan blogwalking.
2. Mendaftarkan di Mesin Pencari, cara ini efektif mempopulerkan sebuah blog. Yang dimaksud dengan mesin pencari adalah situs pencari alamat situs yang diinginkan. Mesin pencari yang popular antara lain google dan yahoo. Karena sangat banyak situs dijaringan intenet sehingga peranan mesin pencari sangat diandalkan. Ibaratnya sebuah blog adalah pedagang maka mesin pencari adalah sebuah pasar besar. Disana terdapat transakasi mencari dan dicari. Lalu bagaimana agar blog kita muncul di mesin pencari bahkan dihalaman pertamanya (page 1). Anda harus melakukan registrasi disitus pencari tentunya. Berikut ini alamat url mesin registrasi mesin pencari tersebut.
- Google : http://www.google.com/addurl.html
- Yahoo : http://www.submit.search.yahoo.com/free/request.html
- MSN : http://beta.search.msn.com/docs/submit.aspx
- Dmoz : http://www.dmoz.org/add.html

Bergabung dalam Komunitas Blogger, cara ini efektif mempopulerkan blog agar anda dapat melihat dan dilihat. Banyak sekali komunitas blogger antara lain www. kitablogger.com, www.blogfam.com, www.rumahblogger.com, id-blogger.com, bloggerbekasi.com, dan masih banyak lagi. Blog anda akan dikenal dan popular dikalangan blogger dari seluruh dunia. Sehingga menambah jaringan pertemanan, link dan koneksi yang menguntungkan anda dan blogger lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar