About my Blog

Share Information; Blogs, Travel, Technology, Tutorial, Business, College and etc.

Selasa, 02 Maret 2010

Bagaimana Cara Masuk Login Form Dengan MD5 Hash

Dari judulnya terdengar seperti hacking tutorial. Padahal hanya trik untuk mendapatkan password yang telah di hash apabila passwordnya telah di hash terlebih dahulu sebelum di save kedalam database. Karena secara manual siapapun sulit untuk mendekripsi password yang telah di hash.
Sebelum menjelaskan triknya kita harus mengetahui apa itu MD5 Hash. Md5 Hash merupakan metode one way untuk mengenkripsi password yang tujuannya merahasiakan password kepada siapapun termasuk admin database sekalipun. Karena pada dasarnya seorang admin database pun tidak berhak mengetahui password sebuah username atau akun. Sama saja siapa pun tidak boleh mengetahui nomor pin ATM nasabah kecuali pemiliknya sendiri.
Sekali lagi ini nukan trik hacking. Ini hanya trik untuk mereset dan mendapatkan lupa untuk menu forget password yang passwordnya telah di Hash. Saya akan menjelaskan secara manual, pertama download software untuk membuat nilai MD5 hashed. Berikut ini alamat situs yang menyediakan tool tersebut :

- www.digital-detective.co.uk/freetools/md5.asp
- www.slavasoft.com/hashcalc/overview.htm

Atau kita bisa cari di mbah google dengan keyword MD5 hashed tool. Setelah mendapatkan hasil enkripsinya yang berbentuk algoritma alay ^_^ kita masuk ke utility MYSQL misalkan phpmyadmin dengan mengetikkan http://localhost/phpmyadmin pada browser. Buka table dimana tersimpan field password. Hapus password lama tersebut kemudian copy hasil enkripsi dengan MD5 hashed tool tadi. Tapi jangan samapi lupa password sebelum di enkripsinya. Kalau sudah masuk ke halaman login, maka kita akan dapat masuk atau passwordnya verified karena input loginnya sesuai dengan yang telah kita ganti.

Selamat Mencoba.. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar