About my Blog

Share Information; Blogs, Travel, Technology, Tutorial, Business, College and etc.

Selasa, 30 Maret 2010

Explode dan Implode PHP

Saya akan mencoba menjelaskan beberapa fungsi pada bahasa pemrograman berbasis web PHP. Yang pertama adalah explode. Explode merupakan string function yang digunakan untuk memisahkan string. Untuk lebih jelasnya dapat kita lihat pada contoh source code PHP dibawah ini :

Variable $pizza pada source code diatas yang berisi kata potongan1 sampai 5. Sebelum dibentuk menjadi potong-potongan string kembali, variable $pizza dipisahkan dengan fungsi string explode dengan delimiter sebagai pemisah (boundaries). Yang dimaksud delimiter pada source code diatas adalah tanda spasi masing-masing string pada variable $pizza.
Setelah dipisah (split) menjadi potongan-potongan akan terbentuk menjadi array yang apabila di eksekusi dengan perintah echo maka outputnya adalah seperti berikut :

potongan1
potongan2

Implode
Fungsi string implode merupakan kebalikan dari explode. Implode digunakan untuk menyatukan beberapa elemen array menjadi sebuah string yang dipisahkan delimiter. Contohnya dapat dilihat pada source code berikut.


Untuk menyatukan elemen-elemen array pada variable $arraybiodata diatas menggunakan fungsi string implode. Ketiga elemen array disatukan (implode) dengan dibatasi oleh tanda koma (,) diantara elemen satu dengan yang lain. Outputnya dapat dilihat seperti berikut :
nama,alamat,telepon

Sumber : Manual PHP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar