About my Blog

Share Information; Blogs, Travel, Technology, Tutorial, Business, College and etc.

Sabtu, 15 Januari 2011

MENENTUKAN TARIF SOFTWARE

Pada tulisan blog saya kali ini saya ingin membahas tentang harga jasa pembuatan aplikasi berbasis website. Kebetulan saya juga berkecimpung di dunia programming sebagai freelancer web developer. Jika ditanya berapa sih anda hargai hasil karya anda kepada klien anda. Menurut pandangan, pendapat dan pengalaman saya ialah semua itu tergantung pada faktor-faktor yang membuat produk kita dihargai dengan jumlah tertentu. Karena memang bila kita searching dan bertanya pada developer-developer lain akan bervariatif. Ada yang menghargainya perhalaman, ada yang perproject, ada yang perbulan, bahkan perjam. Sama seperti produk-produk lain tentunya semua itu bergantung dari kualitas hasil akhir yang didapat.

Kadang saya merasa jengkel dengan orang-orang yang terlalu menghargai hasil jerih mereka dengan harga yang terlalu murah.

Saya dan anda tentu pernah bingung menentukan harga yang tepat, takut terlalu mahal atau takut terlalu murah. Berikut ini tips dari saya untuk menjadi masukan dan pertimbangan untuk anda dalam hal menentukan tarif jasa terutama yang baru merintis usaha dibidang TI :

  1. Perhatikan Kualitas Produk; Pada tulisan blog saya kali ini saya ingin membahas tentang harga jasa pembuatan aplikasi berbasis website. Kebetulan saya juga berkecimpung di dunia programming sebagai freelancer web developer. Jika ditanya berapa sih anda hargai hasil karya anda kepada klien anda. Menurut pandangan, pendapat dan pengalaman saya ialah semua itu tergantung pada faktor-faktor yang membuat produk kita dihargai dengan jumlah tertentu. Karena memang bila kita searching dan bertanya pada developer-developer lain akan bervariatif. Ada yang menghargainya perhalaman, ada yang perproject, ada yang perbulan, bahkan perjam. Sama seperti produk-produk lain tentunya semua itu bergantung dari kualitas hasil akhir yang didapat.

    Kadang saya merasa jengkel dengan orang-orang yang terlalu menghargai hasil jerih mereka dengan harga yang terlalu murah.

    Saya dan anda tentu pernah bingung menentukan harga yang tepat, takut terlalu mahal atau takut terlalu murah. Berikut ini tips dari saya untuk menjadi masukan dan pertimbangan untuk anda dalam hal menentukan tarif jasa terutama yang baru merintis usaha dibidang TI :

  2. Perhatikan dan Bandingkan Pasaran Kompetitor; Lihat kompetitor kita, perhatikan harga dan kualitas yang mereka tawarkan. Pasang harga yang kompetitif namun tetap memperhatikan kualitas.
  3. Jangan Membanting Harga; Sebagian IT konsultan, software house ataupun freelancer yang memburu target senantiasa membanting harga sekecil mungkin. Demi mendapatkan klien yang lebih banyak tanpa memikirkan harga pasaran yang ada. Memang, seperti yang saya sampaikan sebelumnya tidak ada pasaran tepatnya harga sebuah software. Sehingga yang terjadi ialah rusaknya harga pasaran. Dan bukan tidak mungkin akan membuat bangkrut kompetitor lan. Sebagai contoh ada sebuah software house di daerah Yogyakarta yang tidak perlu saya sebutkan namanya, mereka memasang tarif sebuah website company profile yang berjumlah 5 buah halaman dengan harga Rp 50.000.- sampai Rp 100.000,-. Padahal ada sebuah IT konsultan di kawasan Fatmawati Jakarta Selatan yang mempunyai tarif Rp 750.000/halaman. Memang dari segi kualitas berbeda namun tidak banyak dibanding selisih harganya. Anda dapat simpulkan sendiri.
  4. Harga Kemampuan Sendiri; Bagaimanapun hasilnya kita harus menghargai hasil karya sendiri namu demikian terus belajar dan tingkatkan kemampuan diri terutama dalam programming, kemampuan berkomunikasi, diplomasi, dan manajemen.
  5. Sesuaikan Kondisi Keuangan Klien; Suatu hal yang pasti akan menemui berbagai macam karakter, latar belakang, serta kondisi keuangan yang berbeda. Untuk itu melalui proses nego harga pastikan dari mana latar belakang calon klien kita. Apakah dari sebuah institusi, perusahaan ataukah pribadi. Apabila dari latar belakang institusi pemerinatah dan perusahaan otomatis harga semakin tinggi. Bukan bermaksud aji mumpung, namun memang sudah menjadi prinsip ekonomi. Kasian yang latar belakangnya pribadi jika disamakan. Sama halnya seperti membeli tiket konser musik, ada yang kelas vvip, vip, dan festival. Dan seterusnya.

Selain penentuan tarif, faktor lain seperti manajemen usaha juga harus diperhatikan. Berikut ini bisa menjadi masukan bagi kita termasuk saya untuk mengelola perusahaan kita :

  1. Upayakan Memiliki Badan Resmi; Lebih baik memiliki sebuah badan usaha yang resmi dengan mendaftarkan perusahaan kita di Departemen Perindustrian. Karena dengan status yang resmi, segala sesuatu yang berkaitan dengan hukum akan mudah dan jelas. Kita akan kuat dimata hukum karena telah terdaftar secara resmi. Badan resmi bisa berupa CV, dan PT (Perseroan Terbatas). Keuntungan lainnya ialah kita akan mudah mendapat kepercayaan dari klien, karena berbentuk badan usaha yang resmi.
  2. Bersikap Profesional; Upayakan selalu bersikap profesional baik ke arah internal maupun eksternal. Maksudnya ialah untuk mendisplinkan diri kita dalam mengelola perusahaan. Dari segi internal kita akan dihargai oleh bawahan, dan dari segi eksternal klien tidak akan berbuat macam-macam.
  3. Terus Kembangkan Potensi Diri; Skill dan kemampuan pemrograman merupakan sesuatu yang wajib ditingkatkan. Karena IT merupakan dunia yang dinamis dan berkembang pesat seiring dengan waktu. Kita harus update diri sesuaikan kebutuhan pasar, jangan sampai pasar menginginkan A namun kita hanya mampu menyediakan B. Otomatis akan beralih ke kompetitor. Selain kemampuan pemrograman, dan apabila perusahaan kita belum berbentuk resmi, kembangkan kemampuan berkomunikasi. Karena kemampuan komunikasi sang penting dalam bernegosiasi, dan diplomasi.

    Baiklah, berikut ini contoh penawaran harga dari saya click here. Mudah-mudahan bermanfaat bagi anda :)

1 komentar: