About my Blog

Share Information; Blogs, Travel, Technology, Tutorial, Business, College and etc.

Senin, 12 April 2010

METODE ENKRIPSI MD5

Sistem keamanan dalam sebuah aplikasi komputer berbasis web salah satu yang dipakai adalah metode hashing MD5. MD5 merupakan metode one way yang merubah suatu plain text berubah menjadi bentuk enkripsi atau yang disebut dengan chypertext. Penggunaannya seringkali untuk merahasiakan password user maupun admin, nomor PIN, dan lainnya yang berhubungan dengan akun seseorang. Dalam contoh pemakaian metode MD5 ini dibuat 2 file :
1. login.Html
2. checklogin.php
Dibawah ini merupakan tampilan hasil eksekusi file login.Html :



Berikut ini source file login.html yang dipakai :



Supaya lebih jelas silakan diklik gambarnya.

Source code diatas merupakan kode html untuk membentuk halaman login. Apabila username dan password telah terisi maka browser akan diarahkan ke halaman file checklogin.php.
Masukkan username dan password. Untuk keamanan, input pada password diberi type password agar tidak dapat dibaca atau dilihat pihak yang tidak berwenang. erikut ini tampilan hasil eksekusi file checklogin.php :



Dan berikut ini Source code file checklogin.php



Dapat kita lihat pada gambar diatas hasil input password dijadikan variable $mypassword. Kemudian variable tersebut di enkripsi dengan metode hashing MD5 dengan mengubahnya menjadi variable $mypasswordmd5. Sampai situ password sudah berubah menjadi algoritma.
Apabila kita cetak (echo) passwordnya akan berubah menjadi tampilan algoritma seperti ditunjukkan pada gambar berikut :



Semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar