About my Blog

Share Information; Blogs, Travel, Technology, Tutorial, Business, College and etc.

Sabtu, 15 Januari 2011

Poster


Made by (4iA07):
Denis Wilia Haryanto (58408005)
Tina Novika (51407032)


MENENTUKAN TARIF SOFTWARE

Pada tulisan blog saya kali ini saya ingin membahas tentang harga jasa pembuatan aplikasi berbasis website. Kebetulan saya juga berkecimpung di dunia programming sebagai freelancer web developer. Jika ditanya berapa sih anda hargai hasil karya anda kepada klien anda. Menurut pandangan, pendapat dan pengalaman saya ialah semua itu tergantung pada faktor-faktor yang membuat produk kita dihargai dengan jumlah tertentu. Karena memang bila kita searching dan bertanya pada developer-developer lain akan bervariatif. Ada yang menghargainya perhalaman, ada yang perproject, ada yang perbulan, bahkan perjam. Sama seperti produk-produk lain tentunya semua itu bergantung dari kualitas hasil akhir yang didapat.

Kadang saya merasa jengkel dengan orang-orang yang terlalu menghargai hasil jerih mereka dengan harga yang terlalu murah.

Saya dan anda tentu pernah bingung menentukan harga yang tepat, takut terlalu mahal atau takut terlalu murah. Berikut ini tips dari saya untuk menjadi masukan dan pertimbangan untuk anda dalam hal menentukan tarif jasa terutama yang baru merintis usaha dibidang TI :

  1. Perhatikan Kualitas Produk; Pada tulisan blog saya kali ini saya ingin membahas tentang harga jasa pembuatan aplikasi berbasis website. Kebetulan saya juga berkecimpung di dunia programming sebagai freelancer web developer. Jika ditanya berapa sih anda hargai hasil karya anda kepada klien anda. Menurut pandangan, pendapat dan pengalaman saya ialah semua itu tergantung pada faktor-faktor yang membuat produk kita dihargai dengan jumlah tertentu. Karena memang bila kita searching dan bertanya pada developer-developer lain akan bervariatif. Ada yang menghargainya perhalaman, ada yang perproject, ada yang perbulan, bahkan perjam. Sama seperti produk-produk lain tentunya semua itu bergantung dari kualitas hasil akhir yang didapat.

    Kadang saya merasa jengkel dengan orang-orang yang terlalu menghargai hasil jerih mereka dengan harga yang terlalu murah.

    Saya dan anda tentu pernah bingung menentukan harga yang tepat, takut terlalu mahal atau takut terlalu murah. Berikut ini tips dari saya untuk menjadi masukan dan pertimbangan untuk anda dalam hal menentukan tarif jasa terutama yang baru merintis usaha dibidang TI :

  2. Perhatikan dan Bandingkan Pasaran Kompetitor; Lihat kompetitor kita, perhatikan harga dan kualitas yang mereka tawarkan. Pasang harga yang kompetitif namun tetap memperhatikan kualitas.
  3. Jangan Membanting Harga; Sebagian IT konsultan, software house ataupun freelancer yang memburu target senantiasa membanting harga sekecil mungkin. Demi mendapatkan klien yang lebih banyak tanpa memikirkan harga pasaran yang ada. Memang, seperti yang saya sampaikan sebelumnya tidak ada pasaran tepatnya harga sebuah software. Sehingga yang terjadi ialah rusaknya harga pasaran. Dan bukan tidak mungkin akan membuat bangkrut kompetitor lan. Sebagai contoh ada sebuah software house di daerah Yogyakarta yang tidak perlu saya sebutkan namanya, mereka memasang tarif sebuah website company profile yang berjumlah 5 buah halaman dengan harga Rp 50.000.- sampai Rp 100.000,-. Padahal ada sebuah IT konsultan di kawasan Fatmawati Jakarta Selatan yang mempunyai tarif Rp 750.000/halaman. Memang dari segi kualitas berbeda namun tidak banyak dibanding selisih harganya. Anda dapat simpulkan sendiri.
  4. Harga Kemampuan Sendiri; Bagaimanapun hasilnya kita harus menghargai hasil karya sendiri namu demikian terus belajar dan tingkatkan kemampuan diri terutama dalam programming, kemampuan berkomunikasi, diplomasi, dan manajemen.
  5. Sesuaikan Kondisi Keuangan Klien; Suatu hal yang pasti akan menemui berbagai macam karakter, latar belakang, serta kondisi keuangan yang berbeda. Untuk itu melalui proses nego harga pastikan dari mana latar belakang calon klien kita. Apakah dari sebuah institusi, perusahaan ataukah pribadi. Apabila dari latar belakang institusi pemerinatah dan perusahaan otomatis harga semakin tinggi. Bukan bermaksud aji mumpung, namun memang sudah menjadi prinsip ekonomi. Kasian yang latar belakangnya pribadi jika disamakan. Sama halnya seperti membeli tiket konser musik, ada yang kelas vvip, vip, dan festival. Dan seterusnya.

Selain penentuan tarif, faktor lain seperti manajemen usaha juga harus diperhatikan. Berikut ini bisa menjadi masukan bagi kita termasuk saya untuk mengelola perusahaan kita :

  1. Upayakan Memiliki Badan Resmi; Lebih baik memiliki sebuah badan usaha yang resmi dengan mendaftarkan perusahaan kita di Departemen Perindustrian. Karena dengan status yang resmi, segala sesuatu yang berkaitan dengan hukum akan mudah dan jelas. Kita akan kuat dimata hukum karena telah terdaftar secara resmi. Badan resmi bisa berupa CV, dan PT (Perseroan Terbatas). Keuntungan lainnya ialah kita akan mudah mendapat kepercayaan dari klien, karena berbentuk badan usaha yang resmi.
  2. Bersikap Profesional; Upayakan selalu bersikap profesional baik ke arah internal maupun eksternal. Maksudnya ialah untuk mendisplinkan diri kita dalam mengelola perusahaan. Dari segi internal kita akan dihargai oleh bawahan, dan dari segi eksternal klien tidak akan berbuat macam-macam.
  3. Terus Kembangkan Potensi Diri; Skill dan kemampuan pemrograman merupakan sesuatu yang wajib ditingkatkan. Karena IT merupakan dunia yang dinamis dan berkembang pesat seiring dengan waktu. Kita harus update diri sesuaikan kebutuhan pasar, jangan sampai pasar menginginkan A namun kita hanya mampu menyediakan B. Otomatis akan beralih ke kompetitor. Selain kemampuan pemrograman, dan apabila perusahaan kita belum berbentuk resmi, kembangkan kemampuan berkomunikasi. Karena kemampuan komunikasi sang penting dalam bernegosiasi, dan diplomasi.

    Baiklah, berikut ini contoh penawaran harga dari saya click here. Mudah-mudahan bermanfaat bagi anda :)

Kamis, 13 Januari 2011

Dampak Game Komputer pada Kehidupan Manusia.

Siapa yang yang tidak menyukai game? Pasti sebagian besar orang akan menyukai game. Mulai dari yang sederhana sampai dengan yang membutuhkan requirement yang tinggi pasti ada saja orang yang menyukainya. Diiringi dengan perkembangan teknologi game yang pesat, semakin bertambah pula peminat game yang bermacam-macam latar belakang. Mulai dari siswa taman kanak-kanak sampai kakek nenek pun hobi bermain game.

Pembahasan game saya persempit menjadi game PC khususnya game Battle Realms yang merupakan salah satu favorit saya. Pastinya segala sesuatu hal yang ada di dunia ini memiliki sisi positif dan sisi negatifnya. Begitu juga dengan game, ada dampak positif dan dampak negatif. Hanya saja kita seringkali mengabaikan keduanya karena saking asyiknya melakukan aktivitas bermain game. Bermain game tentu tidak melulu berdampak negatif, ada juga dampak posotif tentunya. Seperti yang saya jelaskan berikut ini yang antara lain:

  1. Menyalurkan Hobi; Game dapat menjadi saran menyalurkan hobi yang baik. Tidak memerlukan tempat dan biaya yang sangat tinggi. Cukup memenuhi persyaratan requirement kita sudah dapat bermain game.

  2. Menghilangkan Stres dan kepenatan; Game juga dapat menghilangkan stres yang diakibatkan rutinitas sehari-hari. Cara ini sangat efektif, mudah dijangkau dan cepat menghilangkan stres itu sendiri. Karena dengan game seseorang akan terhibur, tertantang sehingga dapat sesaat melupakan masalah yang mengakibatkannya stres.

  3. Menambah pertemanan dan relasi; Tidak selalu gamer itu orang-orang yang tertutup dan anti sosial. Dengan game kita dapat menambah teman yang datangnya bisa dari mana saja. Dengan kesamaan hobi, dapat menyatukan orang-orang yang tadinya tidak saling mengenal menjadi kenal.

  4. Menjadi sumber penghasilan; Siapa bilang game hanya hobi semata. Game juga dapat dijadikan sumber penghasilan. Mulai dari pembuat game, pemain, sampai atribut-atribut yang berkaitan dengan game. Karena industri game merupakan industri yang menjanjikan buktinya perusahaan Ubisoft dapat meraup jutaan dolar pertahunnya dengan menjual game.

  5. Melatih kecerdasan dan daya ingat; Dengan bermain game melatih seseorang untuk berpikir cepat, strategis, memiliki insiatif, dan memiliki daya ingat yang kuat. Karenanya otak dilatih dan dibiasakan untuk berbuat demikian.


Nah barusan mrupakan dampak positifnya, berikut ini dampak-dampak negatif yang ditimbulkan oleh game :

  1. Ketagihan Game; Sesuatu yang berlebihan tentunya tidak baik. Apalagi sampai melupakan segalanya. Tentu akan berdampak buruk pada si gamer itu sendiri. Karena semua akan tersita dan terfokus pada proses game itu.

  2. Lupa Waktu; Karena waktu terfokus pada proses

    bermain game, maka waktu yang seharusnya untuk kegiatan lain akan teralihkan. Ini sangat berbahaya bagi gamer yang masih berstatus pelajar dan mahasiswa. Karena kegiatan belajar mereka akan terganggu karena selalu absen alias bolos karena selalu bermain dan bermain saja yang dipikirkan. Bahkan pernah terjadi pada salah satu teman kampus saya semasa masih kuliah D3 di Politeknik Negeri Jakarta. Pada waktu itu merupakan saat-saat bagi kami mahasiswa angkatan kami untuk membuat Tuga Akhir sebagai syarat kelulusan. Namun disaat sebagian besar kami sibuk menyelesaikannya, salah satu kawan kami malah asyik sedang menyelesaikan game Ragnarok sampai-sampai Tugas Akhirnya tidak tersentuh sedikitpun. Karena hal tersebut akhirnya dia harus mundur satu tahun untuk menyelesaikan program D3 nya. Sungguh hal yang sangat disayangkan. Namun itu terjadi.

  3. Boros Uang; Pengeluaran keuangan akan membengkak

    karena uang akan tersita untuk membeli voucher, atau rental warnet, biaya listrik, dan biaya internet perbulan. Seseorang yang keranjingan game akan rela mengeluarkan uang berapa pun demi memuaskan hobinya.

  4. Anti Sosial; Pengaruh game dapat mempengaruhi

    kepribadian seseorang. Yang seharusnya sifat seseorang manusia ialah makhluk sosial menjadi kebalikannya yaitu anti sosial. Ini diakibatkan dunianya yang dianggap sudah berbeda sehingga orang-orang disekitarnya tidak dihiraukan lagi. Semua terfokus hanya untuk bermain game saja. Sehingga kebutuhan manusiawinya untuk bersosialisasi terabaikan.

  5. Memiliki perangai yang buruk; Ada kasus pembunuhan yang terjadi pada

    seseorang karena tersangkanya terpengaruh akibat game yang dimainkannya. Pengaruh buruk seperti kekerasan, seksual, kriminal, dll dapt merasuk kedalam pikiran seseorang sehingga disadari atau tidak akan mempengaruhi perangai dan perbuatan seseorang untuk melakukan hal yang sama seperti pada game yang oernah dia mainkan.

  6. Mengganggu kesehatan; Sebagian

    gamer merupakan perokok. Dapat dilihat dari kebiasaan mereka merokok sembari bermain. Karena aktivitas bermain game di ruangan tertutup, otomatis asap rokok akan tetap berada di dalam ruangan terutama yang ber AC dan sistem ventilasi yang buruk. Sehingga akan berakibat buruk pada kesehatan gamer. Selain itu, jarangnya aktivitas yang banyak pada anggota tubuh gamer membuat tubuh jarang digerakkan atau di olah. Disamping itu terlalu banyak duduk juga tidak baik bagi kesehatan ginjal. Selain itu, pola makan para gamer biasanya tidak teratur atau bahkan kurang sama sekali. Sehingga berakibat dehidrasi, mag bahkan tifus.

  7. Menyebabkan kematian; Hal ini

    pernah terjadi di Taiwan ketika seorang gamer yang ingin menyelesaikan gamenya nonstop selama seminggu lebih tanpa tidur, makan dan minum yang teratur membuatnya terkena serangan jantung tiba-tiba. Dalam sekejap orang itu mati mendadak karena serangan jantung.


GAME STRATEGI BATTLE REALMS


Battle realms adalah sebuah game strategi (Real-time strategy game) yang menggunakan mode real time menggunakan latar belakang mitologi Jepang sebagai latarnya yang diproduksi oleh Ubisoft pada tahun 2001.

Battle realms bercerita tentang pertarungan survival klan-klan dalam lingkup mitologi Jepang. Klan satu dengan yang lain saling menyerang dan bertahan dalam mempertahankan wilayah kekuasaannya masing-masing. Setiap pemain diberi masing-masing satu wilayah untuk dijadikan sumber daya dalam mengelola klan masing-masing. Dalam suatu wilayah disediakan ladang sawah-ladang sawah digunakan untuk menanam beras untuk dijadikan logistik prajurit selama camp pelatihan, danau-digunakan untuk mengambil air untuk kebutuhan minum prajurit selama camp pelatihan, dan kuda-kuda liar-membantu petani maupun prajurit untuk mempercepat mobilitas. Untuk tetap dapat survive setiap klan harus selalu melatih dan meng-upgrade prajuritnya agar dapat mengimbangi kekuatan lawan. Untuk itu diperlukan sumber daya alam tadi untuk logistik para prajurit.

Berikut ini klan-klan yang ada pada permainan Battle Realms :

1. Klan Naga (Dragon Clan)

Klan ini menjadikan naga sebagai simbol klan mereka. Kehormatan merupakan harga mati bagi mereka. Prajurit upgrade tertinggi ialah samurai yang menggunakan samurai sebagai senjata utamanya dan dragon sen spirit master of light sebagai senjata rahasianya.

2. Klan Serpent (Serpent Clan)

Klan ini kebalikan klan naga, kalo klan naga merupakan pengikut Yang sebaliknya klan serpent merupakan pengikut Ying. Mereka tidak menggunakan senjata seperti halnya klan naga,meraka memakai kemampuan bertarung sja.

3. Klan Serigala (Wolf Clan)

Klan ini memiliki sifat seperti serigala yang bebas dan dekat dengan alam. Klan ini dapat membuat musuh menjadi bergerak lambat, sehingga menjadi salah satu klan yang paling kuat dan sulit terkalahkan menurut saya.

4. Klan Lotus (Lotus Clan)

Klan ini menurut saya merupakan yang terkuat karena memiliki body armor yang kuat dan senjata yang damagenya lebih besar. Selain itu mereka memiliki ciri fisik seperti alien dan memiliki ciri bangunan yang tidak umum dan sudah modern.


Di Battle realms juga ada hero-hero yang berbeda-beda di tiap klan dan berbeda skill juga. Berikut ini hero-heronya :

  1. Klan Lotus
  • Issyl; Dia adalah ilmuwan, penjelajah waktu, menggunakan Dark Magis untuk memusnahkan musuh.

  • Koril; Dengan teori relativitas nya, Koril dapat menggunakan jurus Teleport. Berpindah tempat kemanapun dalam zona map yang sama secepat kedipan mata. Skill ini menghabiskan stamina.

  • Ninja; Menggunakan skill shadow skill untuk menghilang sehingga cocok menjadi mata-mata.

  • Yvaine; Penyihir tangguh yang memiliki kemampuan talenta tinggi di Ice magic. Dia dapat membuat senjata berupa pedang yang sangat tajam dan melemparkannya ke arah musuh dari jarak yang jauh.
  • Soban; Jurusnya adalah Create Golem. Dapat menciptakan tiga golem pekerja di waktu yang sama, jurus ini menghabiskan stamina.
  • Zymeth; Master Of Lotus. Sihir hitam nya sudah tinggi dan paling senior di Lotus. Tentakle nya akan menggeliat hebat saat ia memanggil hujan lebat ke tanah tempat dia berdiri. Petir yang hebat merupakan senjata mematikannya karena dapat melukai pasukan secara massal dan menghabiskan darah sebanyak 70%.
  1. Klan Serpant
  • Vetkin; Memiliki kecepatan lari yang sangat cepat. Dia memiliki skill Bravodo, dengan kekuatan fana yang membuat zona circle dengan efek melelahkan musuh. Seluruh musuh yang berada pada zona tersebut akan dikuras stamina (mana).
  • Utara; Dia dapat menggunakan Jurus Song Of Sorrow. Dengan jurus ini Utara memainkan harpa dengan jemari lentiknya, suaranya mengalun menembus gendang telinga prajurit musuh. Memberi efek Stunning dan Hurt pada prajurit musuh yang mendengar.
  • Budo; Dia dapat menggunakan jurus Slaves Driver. Melepaskan cambukan-cambukan keras penuh tenaga kearah para pekerja sendiri untuk membuat mereka bekerja lebih cepat
  • Shinja; Dia biasa melumpuhkan lalu menebas para pejuang dragon di arena pertempuran menggunakan pedang kembar nya yang beracun. Gerakannya cepat bagaikan ninja, tatapan nya tajam penuh semangat juang.
  • Ninja; Ninja adalah prajurit standar dari Keep. Kemampuannya tak lebih dari ninja kelas Chunin, ia dapat menggunakan Shadow Skills.
  • Necromencer; Namanya mirip karakter pada game dota namun keduanya berbeda. Necromancer disini menggunakan spirit warrior. Semacam kemampuan men summon atau menghidupkan kembali para prajurit dari masa lalu yang telah mati dari alam bawah kubur.
  • Taro; Ini bukan nama makanan tentunya, dia adalah pangerna. Ya, saudara tua dari Shinja. Namun ia pengecut dan cenderung lemah, ia termasuk Hero baru bagi Serpent. Karena ia tidak ada di Battle Realms yang pertama. Taro adalah seorang samurai dengan pedang magic yang bersinar kuning.
  1. Klan Serigala
  • Gahlia; Gaihla adalah Peri hutan yang cantik. Dia sangat bersahabat dengan alam, setiap jejak langkahnya menumbuhkan bunga dan tumbuhan disekitar. Ia memberkati seluruh flora dan fauna dengan kekuatan Nature Magic nya.

  • Grayback; Ketua dari Wolf Clan. Memiliki skill memnaggil kuda untuk ditunggangi sehingga dapat menambah semangat juang, damage, dan armor.

  • Shale Lord; Perpaduan rasa marah antara Shale dan Human. The Shale Lord adalah raksasa penguasa hutan liar dalam wilayah wolf Clan. Kedua tangannya yang besar mampu memecah belah tubuh musuh saat pukulan terakhir sebelum mereka mati. Tangannya menggetok-getok penuh strength tanpa henti henti hingga bangunan hancur.
  • Longtotth; Dia dapat menggunakan Razor Edged-Boomerang. Melempar dengan simetris boomerang di punggung nya dari jarak yang cukup jauh dengan akurasi luar biasa. Cukup efektif pada bangunan dan prajurit musuh.
  • Monk; Monk adalah prajurit standar dari keep, kemampuannya standar sebagai seorang biksu dari kuil di tengah-tengah rimba Wolf.
  1. Klan Naga
  • Arah; Arah merupakan hero pemanah yang sangat akurat dan damage yang cukup besar walaupun dari jarak jauh.
  • Kazan; Biksu yang menyemburkan api dari sake didalam gentong yang selalu dibawa kemana-kemana. Sangat ampuh dalam mempercepat menghancurkan infrastruktur musuh.
  • Otomo; Skillnya adalah Battle cry yang dapat membangkitkan semangat para prajuirt sehingga meningkatkan kecepatan, damage, dan body armor melalui aumannya.
  • Garin; Garrin memiliki banyak talenta, namun dia paling handal di infanteri yaitu pedangnya. Dia juga dapat memanggil kuda untuk dijadikan tunggangan.
  • Tao; Ia dapat menggunakan jurus Reversal Of Fortune. Menciptakan semacam zona batas dengan kekuatan luar biasa yang mengelilingi nya. Memutar balikkan dengan reflek semua serangan frontal kearah penyerang. Jurus ini menghabiskan stamina.
  • Monk; Biksu yang standar sekali dan hero paling cupu. Kecepatannya lambat sekali.
  • Kenji; Kenji memiliki kemampuan khusus yang ia sebut Critical Strike. Melipat gandakan serangan saat melawan musuh, sangat cocok digunakan ketika satu lawan satu. Skill ini menghabiskan sepertiga stamina.






Minggu, 09 Januari 2011

MESIN PENCARI (SEARCH ENGINE)

Sudah tidak asing lagi keberadaan sebuah mesin pencari atau dikenal dengan kata lainnya search engine. Karena keberadaanya sangat membantu surfer (penjelajah) dalam mencari file-file yang disimpan jaringan publik internet. File-file tersebut tersimpan di berbagai server dari seluruh penjuru dunia. Karena file-file di yang tersedia sangat banyak jumlahnya, tentu diperlukan sebuah mesin pencari yang dapat mencari dan menemukan file seperti yang diinginkan pengguna.
Bagaimana cara kerja Mesin Pencari?
Terpikir kadang bagaimana sebuah mesin pencari dapat menemukan data yang akurat dari resource yang sangat besar dari sserver jaringan public diseluruh belahan dunia dalam hitungan detik. Untuk itu informasi berikut yang saya kutip dari beberapa sumber.
“Mesin pencari web bekerja dengan cara menyimpan informasi tentang banyak halaman web, yang diambil langsung dari WWW. Halaman-halaman ini diambil dengan web crawler — browser web otomatis yang mengikuti setiap pranala yang dilihatnya. Isi setiap halaman lalu dianalisis untuk menentukan cara mengindeksnya (misalnya, kata-kata diambil dari judul, subjudul, atau field khusus yang disebut meta tag). Data tentang halaman web disimpan dalam sebuah database indeks untuk digunakan dalam pencarian selanjutnya. Sebagian mesin pencari, seperti Google, menyimpan seluruh atau sebagian halaman sumber (yang disebut cache) maupun informasi tentang halaman web itu sendiri”.
Dengan kata lain, mesin pencari salah satunya memanfaatkan pranala atau tautan atau juga link yang terdapat dihalaman-halaman atau file web serta memanfaatkan judul, subjudul, atau field khusus yang tercantum pada tag-tag file penyusun sebuah halaman website. Makanya, itulah pentingnya sebuah met tag didalam kode HTML membolehkan situs mudah untuk ditemukan oleh mesin pencarinya tentunya. Oh ya, Saya pernah membuat tulisan mengenai peranan meta tag klik disini.
Sejarah Mesin Pencari
Mesin pencari pertama adalah "Wandex", yang sekarang index yang tidak berfungsi dari World Wide Web Wanderer, suatu web crawler dibangun oleh Matthew Gray di MIT pada 1993. Mesin pencari lain yang lama, Aliweb, juga muncul di 1993 dan masih berjalan hingga saat ini. Salah satu mesin pencari pertama yang sekarang berkembang menjadi usaha komersial yang cukup besar adalahLycos, yang dimulai di Carnegie Mellon University sebagai proyek riset di tahun 1994.
Segera sesudah itu, banyak mesin pencari yang bermunculan dan bersaing memperebutkan popularitas. Termasuk di antaranya adalah WebCrawler, Hotbot, Excite, Infoseek, Inktomi, dan AltaVista. Mereka bersaing dengan direktori-direktori populer seperti misalnya Yahoo. Belakangan direktori-direktori ini menggabungkan atau menambahkan teknologi mesin pencari agar fungsinya semakin meningkat.
Pada tahun 2002, Yahoo! mengakuisisi Inktomi dan pada 2003, mengakuisisi Overture yang memiliki AlltheWeb dan Altavista. Tahun 2004, Yahoo! meluncurkan mesin pencarinya sndiri yang didasarkan pada teknologi gabungan dari mesin-mesin yang telah diakuisisinya dan memberikan pelayanan yang mengutamakan mesin pencari Web daripada direktorinya.
Pada Desember 2003, Orase menerbitkan versi pertama dari teknologi pencari waktu-riilnya. Mesin ini memiliki banyak fungsi baru dan performancenya meningkat sangat hebat.
Mesin pencari juga dikenal sebagai bintang-bintang yang paling cemerlang dalam perlombaan investasi Internet yang terjadi pada akhir tahun 1990-an. Beberapa perusahaan masuk ke dalam pasar dengan hebat, mencatat keuntungan besar pada penawaran publik pertamanya. Sebagian lagi sama sekali menyingkirkan mesin pencari publiknya, dan hanya memasarkan edisi-edisi Enterprise saja, seperti misalnya Northern Light yang dulunya adalah salah satu dari 8 atau 9 mesin pencari awal setelah Lycos muncul.
Sebelum munculnya Web, ada pula mesin-mesin pencari untuk [protokol]] atau penggunaan lain, seperti misalnya Archie search engine untuk situs-situs FTP anonim dan Veronica search engineuntuk Gopher protocol.
Buku Osmar R. Zaïane From Resource Discovery to Knowledge Discovery on the Internet menjelaskan secara rinci sejarah teknologi mesin pencari sebelum munculnya Google.
Saat ini sudah mulai banyak website search engine, namun dari sekian banyak search engine yang ada saat ini berikut ini beberapa search engine yang terbilang populer, saya urutkan berdasarkan tingkat kepopulerannya :
1. Google.com
2. Yahoo.com
3. msn.com
4. bing.com
5. ask.com
6. baidu.com
7. Aol.com
8. Altavista.com
9. Lycos.com

Manfaat dari search engine adalah mempercepat dan mempermudah kita untuk menemukan website yang memuat konten yang kita cari, bahkan kita juga bisa menemukan banyak hal melalui search engine, seperti : info alamat web, info pendidikan, inf0-info penemuan, dan lain-lain.
Biasanya search engine melengkapi fasilitasnya dengan berbagai macam fitur pencarian diantaranya : Search web, search image, search video, search audio, search document, dan banyak fitur lainnya.