About my Blog

Share Information; Blogs, Travel, Technology, Tutorial, Business, College and etc.

Rabu, 17 November 2010

Modernisme dan Postmodernisme

Modernisme dan postmodernisme
Modernisme dan postmodernisme mengacu pada dua berbagai pandangan dunia yang berkembang dan
dipandu kreatif aktivitas pada titik-titik berbeda dalam abad kedua puluh. Modernist dan postmodernist
berpikir hari ini masih memiliki relevansi dan pengaruh mereka dapat dilihat dalam desain kontemporer sebagai orang mencari untuk memahami dunia di sekitar mereka.

Modernisme
Modernisme melalui surealis, cubist dan gerakan Dadaist dibentuk oleh industrialisasi dan urbanisasi masyarakat barat. Modernis, termasuk De Stijl, Konstruktivisme dan gerakan Bauhaus, berangkat dari Zeitgeist pedesaan dan provinsi lazim di era Victoria, menolak nilai-nilai dan gaya mendukung kosmopolitanisme. Fungsi dan kemajuan, diungkapkan melalui pepatah dari 'bentuk mengikuti fungsi', menjadi keprihatinan utama dalam upaya untuk bergerak melampaui representasi fisik eksternal dari realitas melalui eksperimen dalam perjuangan untuk menentukan apa yang harus dipertimbangkan 'modern'. Dalam desain grafis, modernism menggunakan pendekatan asimetris untuk layout dengan ketaatan pada grid, penekanan pada ruang putih dan tipografi sans serif, dan tidak adanya dekorasi dan hiasan.

Postmodernisme
Postmodernisme (1960-sekarang) adalah gerakan kreatif yang muncul setelah Perang Dunia Kedua dan mempertanyakan gagasan bahwa ada realitas yang dapat diandalkan. Postmodernis mendekonstruksi otoritas dan urutan yang telah ditetapkan dengan kegiatan usaha pada ide-ide fragmentasi, tidak ada aturan. Suatu reaksi terhadap gerakan Modernisme kadang-kadang suram dan impersonal, postmodernisme kembali ke ide awal perhiasan dan dekorasi, ekspresi merayakan dan intuisi pribadi ketimbang susu formula dan struktur. Postmodernisme terus menjadi kekuatan yang dominan dalam pemikiran kreatif dimana preferensi untuk kompleksitas, kontradiksi, keragaman dan ambiguitas dari pada rasional dan kesederhanaan yang di cirikan modernism.

Font modernis
Perbedaan filosofis klasik antara modernisme dan postmodernisme tidak pernah lebih jelas dari pada dalam desain font dan tipografi. Modernisme melihat bangkitnya bersih, sans serif font sederhana, yang ternyata kembali mereka pada font serif rumit dan membawa rasa untuk tipografi. Ini melihat penggunaan bobot stroke konsisten dan formulir untuk memberikan karakter merata, seperti Helevetica Neue. Rasa baru rangka dibawa ke tipografi oleh sistem penomoran modernis dikembangkan oleh Adrian Frutiger dengan mudah mengekspresikan hubungan antara bobot yang berbeda dan lebar dari huruf Univers nya. Dalam sistem ini (ditampilkan atas), angka pertama dalam nama font mewakili berat font dari tiga (cahaya) untuk delapan (Berat), sedangkan angka kedua berhubungan dengan lebar dari tiga (diperpanjang) untuk sembilan (pekat). Frutiger's grid memberikan desainer yang mudah digunakan matriks font yang memungkinkan untuk seleksi cepat gaya dengan berbagai tipe aspek desain, yang membantu memastikan kompatibilitas.

Postmodernisme dan desain jenis huruf
Font postmodern sudah pindah dari bersih-potong dan bentuk terorganisasi dengan baik oleh modernis font dan telah kembali untuk merangkul lebih rumit dan bentuk-bentuk dekoratif, yang meliputi kembalinya serif dan bobot stroke tidak merata. Pascamodernis font merayakan ornamentasi dan ekspresi pribadi, dan juga mencakup yang hadir dalam teks dicetak tulisan tangan dan letterpress.

Tulisan tangan
Font Olicana adalah contoh font yang meniru tulisan tangan. Dalam rangka untuk lebih dekat
memberikan faksimili teks tulisan tangan, font ini tersedia beberapa mesin terbang, yang berarti bahwa berulang karakter tidak selalu sama. Ini juga mencakup sebuah noda tinta sesekali, sidik jari atau noda untuk menambahkan kesan bahwa teks ditulis dengan air mancur pena. Jelas, tidak ada kebutuhan untuk font meniru tulisan tangan ketika jenis file ditentukan pada komputer namun font ini bekerja dengan baik dan yang sangat meyakinkan pendekatan dari tulisan tangan.
Grid
grid adalah template atau panduan yang digunakan untuk penentuan posisi dan mengorganisir elemen desain dalam rangka memfasilitasi dan kemudahan pengambilan keputusan. Grid adalah tata letak struktur tulang dan berfungsi sebagai alat untuk membantu seorang desainer mencapai keseimbangan saat menyajikan berpotensi besar tingkat kemungkinan kreatif. Penggunaan grid, bidang dan matriks memungkinkan desainer untuk mengambil pendekatan yang dianggap desain, yang membuat penggunaan efektif dari waktu dan ruang. Hal ini juga memastikan bahwa elemen desain yang berbeda bekerja sama untuk memberikan konsistensi dan koherensi sepanjang sebuah tubuh kerja terkait. Sejak manusia pertama mulai merekam informasi ada kebutuhan untuk mengatur konten. Struktur halaman yang umum digunakan hari ini dapat ditelusuri kembali ke zaman klasik. Teori pada proporsi dan pembagian ruang dikembangkan di Yunani Kuno. Grid, sebagai struktur penahanan untuk komunikasi visual, telah berkembang bersama-sama dengan perkembangan teknologi mark-keputusan, menjadi semakin canggih seperti tulisan tangan naskah digantikan dengan mencetak awal, bergerak jenis, Linotype dan komputer-untuk pencetakan-piring. Grid yang berfungsi untuk menetapkan parameter untuk Pedoman penempatan teks dan elemen, tetapi yang ketat kepatuhan terhadap pedoman tersebut dapat membatasi. Memimpin desainer sering tantangan struktur dan batas-batas yang grid menyediakan untuk memberikan solusi terbaik untuk desain singkat. Ada banyak jenis grid, termasuk
dengan banyak kolom, mereka yang sedikit, dan mereka terdiri dari bidang atau modul bukan vertikal
kolom. Dua jenis jaringan utama yang ditampilkan pada halaman sebaliknya.

Grid asimetris
Sebuah grid asimetris adalah salah satu dimana kedua halaman di menyebarkan menggunakan grid yang sama, yang berarti satu halaman adalah salinan dari yang lain. Grid ini mungkin memiliki bias yang menuju satu sisi dari halaman (biasanya sebelah kiri), diciptakan dengan memiliki satu kolom sempit daripada lain. Hal ini memberikan kesempatan bagi para kreatif pengobatan elemen halaman tertentu sementara tetap mempertahankan konsistensi desain keseluruhan. Kolom sempit mungkin digunakan untuk keterangan, catatan, ikon atau elemen lainnya, dan dengan cara ini, seringkali diperlakukan sebagai margin yang lebar untuk marginalia outsized. Sebuah grid asimetris cenderung menciptakan rasa gerakan dari kiri ke kanan karena cara perbaikan mata pertama pada kolom besar sebelum pindah ke kolom tipis untuk kedua halaman penyebaran HIV.

Grid simetris
Dengan grid simetris, halaman verso adalah cermin gambar dari halaman recto. Ini memberikan sama batin margin dan dua margin luar sama untuk menyebarkan. Untuk mengakomodasi marginalia, margin luar adalah secara proporsional lebih besar dari margin dalam. Ini adalah tata letak klasik dipelopori oleh seter Jan Tschichold (1902-1974) berdasarkan ukuran halaman dengan proporsi 02:03. Kesederhanaan tata letak dan halaman menciptakan hubungan spasial yang memegang teks blok dalam proporsi yang harmonis. Ini proyek grid harmoni karena dibuat menggunakan relatif proporsi daripada pengukuran mutlak. Sebuah grid simetris cenderung lebih tenang untuk membaca daripada grid asimetris sebagai kedua halaman penyebabnya mata untuk mencari ke dalam atah tulang belakang, membiat tenang dan seimbang ruang untuk pembaca bukan rasa gerakan.

ebook The Fundamentals of Graphic Design

Sumber Inspirasi Desain Grafis

Jika berbicara tentang sumber inspirasi desain grafis pastinya banyak sekali. Semua hal yang ada di sekitar kita maupun jauh dari kita, masa lalu maupun masa yang akan datang merupakan sumber soerang desainer grafik. Tidak ada batasan untuk seorang desainer grafis memperoleh ide.
Sumber inspirasi
Desain adalah sebuah disiplin yang dibentuk oleh beragam pengaruh, baik dari masa lalu maupun sekarang yang menginformasikan pilihan dan keputusan selama proses desain. Pengaruh mungkin menjadi mendalam atau sebagian dan dapat mempengaruhi keseluruhan struktur dan isi pekerjaan.
Lingkungan perkotaan
Desainer dapat dipengaruhi oleh vernakular bahasa lingkungan perkotaan untuk menghasilkan sepotong desain
bekerja dengan cara klasik melalui ide-ide ketika berhadapan dengan jarak tanam dan proporsi.

Seni
Seni selalu dipengaruhi oleh desain. Prinsip-prinsip yang telah menetapkan seni dipandu dan dibawa ke dalam desain, khususnya yang berhubungan dengan tata letak halaman dan komposisi.
Film
Kedekatan gambar gerak dan urutan gambar dapat menginspirasi desainer struktur tata letak dan publikasi. Pace dan Intensitas dapat diubah dan dimanipulasi melalui penggunaan perlakuan yang berbeda untuk layout, gambar dan teks.

Budaya
Desainer menggunakan unsur-unsur budaya populer seperti warna, tipografi dan norma sosial yang diterima atau tabu dalam pekerjaan mereka untuk mencerminkan kehidupan mereka dan sebagai perbandingan pikiran komunal penduduk.

Majalah
Publikasi industri memungkinkan desainer untuk membangun sebuah buku kontak, yang mungkin berguna di masa depan. Publikasi ini, sering juga menyediakan informasi yang relevan di sisi administrasi bisnis desain, seperti masalah hukum, konsultasi pajak dan hak cipta di rincian berbagai badan organisasi dan asosiasi.

Musik
Desain dan musik tampaknya memiliki simbiosis hubungan. Seorang desainer dapat mengikuti prinsip-prinsip musik untuk menentukan langkah dalam proyek. Seorang desainer dapat meniru ketukan musik melalui penggunaan gambar skala besar, menciptakan perbedaan dalam bagaimana konten halaman dibagi antara gambar dan teks halaman.

Objek
Koleksi benda dan barang-barang yang ditemukan juga dapat menyediakan inspirasi desain. Desainer aktif mencari inspirasi bagi mereka yang bekerja di berbagai lokasi. Inspirasi mungkin berasal dari obyek dalam studio mereka. Pengaruh ini bisa merambat ke dalam keputusan desain. Banyak desainer mengelilingi diri mereka dengan benda, gambar, poster dan lainnya untuk merangsan inspirasi.

http://missririn.blogspot.com/

ebook The Fundamentals of Graphic Design

Desain Grafis

Pengertian Desain grafis menurut sumber yang didapat dari wikipedia.com, desain grafis merupakan suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain).

Desain grafis berkembang dari percetakan dan industri penerbitan, dimana istilah desain grafis itu sendiri pertama kali digunakan pada tahun 1950. Pada waktu itu ada suatu pembatasan dalam tahapan-tahapan yang berbeda proses produksi cetakan. Ekonomi konsumen yang timbul dalam dunia barat setelah Perang Dunia Kedua, muncul pengemasan cerdas sebagai kompetisi dalam upaya peningkatan barang-barang. Jumlah majalah-majalah juga mulai meningkat, menghasilkan permintaan yang lebih besar untuk desain-desain yang yang menarik. Sebagai daya komunikasi visual yang secara luas telah dihargai, desain grafis tumbuh dari kebutuhan untuk memberikan komunikasi visual menjadi mencangkup berbagai sektor ekonomi. Perkembangan teknologi, khususnya dalam zaman digital, mengubah proses-proses produksi cetak. Perdagangan seperti pemasangan huruf dan persiapan karya seni telah menjadi kuno, dimana sekarang dapat dilakukan oleh desainer. Akibatnya, desain grafis telah berkembang menjadi satu peranan multifungsi yang berperan sangat penting dalam proses produksi.

Orang yang berkecimpung di dunia desain grafis dinamakan desainer grafis. Seorang desainer dasarnya memiliki dua peran dalam proses yaitu memenuhi singkat desain serta melaksanakan pekerjaan tersebut.
Memenuhi singkat
Tugas pertama desainer grafis adalah untuk bekerja dan tahu apa yang harus dilakukan dalam rangka memenuhi desain singkat. Ini mungkin melibatkan penelitian materi pelajaran untuk menghasilkan ide awal. Setiap proyek dimulai sebagai serangkaian sketsa awal, pikiran atau gagasan. Pada dasarnya, seorang desainer kreatif dan sering membuat keputusan tentang apa yang penting untuk berkomunikasi dan cara terbaik untuk menyampaikan pesan.
Pelaksana pekerjaan
Tugas desainer berikutnya adalah untuk melaksanakan pekerjaan. Desainer dapat bekerja memilih dari yang bervariasi untuk memahami desain akhir apakah menggunakan sudut pandang filosofis, seperti sebagai modernisme, atau bersandar pada estetika murni, seperti tren saat ini dalam desain huruf atau mode. Sebuah bagian yang berharga dari proses desain adalah akhir penyelesaian, tampilan dan nuansa (kualitas estetika) dari proyek. Estetika kontrol lebih jauh jangkauannya daripada memilih ukuran dan warna karena membawa pesanan ke proyek. Berkomunikasi dan menyampaikan pesan seorang desainer dapat mengatur teks dan gambar dalam jumlah tak terbatas, tetapi tujuan utamanya adalah untuk berkomunikasi secara efektif daripada menghasilkan bekerja untuk kepentingan diri sendiri. Konvensi menyimpan desainer dari keharusan untuk memulai dari awal dengan setiap pekerjaan. Namun, ini bukan untuk mengatakan bahwa tidak ada ruang untuk inovasi. Pada sebaliknya, inovasi cenderung terjadi dalam batas-batas konvensi dibentuk.

1. Visual Based Graphic Designer
Tipe ini biasanya adalah tipe untuk pemula, yang masih belajar dan bereksperimen dengan visual. Tidak terlalu mementingkan konsep, lebih kepada eksplorasi visual. Bisa juga memang pada dasarnya tipe ini kuat di skill visual nya sehingga pada waktu kerja mereka sangat diandalkan untuk merealisasikan konsep/ide kedalam bentuk visual.
2. Concept Based Graphic Designer
Tipe yang kedua ini adalah master mind, namun biasanya kelemahan nya adalah tidak bisa merealisasikan ide mereka dengan bagus. Dan bisa juga sebagai tahap kedua dalam perkembangan seorang desainer grafis. Setelah menguasai visual seiring dengan waktu mereka mulai mempelajari pengembangan ide dan konsep, sehingga tidak hanya visual saja yang bagus namun ada makna dan pesan yang di sampaikan melalui karya nya.
3. Visual & Concept Based Graphic Designer
Tipe yang terakhir ini yang di idamkan para desainer grafis, konsep bagus, visual bagus. Dan ini merupakan tahap pencapaian. Namun bukan yang terakhir, tapi merupakan suatu level tertentu karena seorang desainer grafis harus mengerti tentang bidang lain baik yang berhubungan atau tidak berhubungan dengan profesi utamanya. Ada juga yang bisa mencapai tahap/tipe ini dari awal, mereka ini memang mempunyai skill visual dan pengembagan ide yang bagus sejak awal.
Daftar Software Desain Grafis
Desktop publishing
Adobe Photoshop
Adobe Illustrator
Adobe Indesign
Page Maker
Coreldraw
GIMP
Inkscape
Adobe Freehand
Adobe image ready
CorelDraw

Webdesign
Macromedia Dreamweaver
Microsoft Frontpage
Notepad
Adobe Photoshop

Audiovisual
Adobe After Effect
Adobe Premier
Final Cut
Adobe Flash, atau sebelumnya Macromedia Flash
Ulead Video Studio
Magic Movie Edit Pro
Power Director

Rendering 3 Dimensi
3D StudioMax
Maya
AutoCad
Google SketchUp
Light Wave
Blender

Sabtu, 13 November 2010

Impian di Bidang TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)

Kalo berbicara impian di bidang Tekonologi Informasi dan Komunikasi pasti sangat banyak. Karena peluang di bidang ini sangat luas. Orang bilang cara cepat manjadi kaya ialah menjadi wirausahawan atau pengusaha. Dipadukan dengan bidang saya di bidang Teknologi Informasi salah satunya ialah menjadi pengusaha informatika atau technopreuner atau pemilik IT konsultan. Saat ini kebetulan saya sebagai web developer programmer. Yang nantinya saya proyeksikan ke arah situ yaitu menjadi pimpinan sebuah IT konsultan. Mudah-mudah tercapai. Namun semua itu tidak mudah. Karena saya perlu mengasah dan menggali terus ilmu saya mulai sedini mungkin. Intinya saya harus fokus dan konsisten dan optimis pada jalan dan cita-cita yang saya inginkan tersebut. Karena bukan tidak mungkin hal tersebut dapat tercapai. Pasti!!!.
Impian kedua bagi saya di bidang TIK ini ialah saya ingin dan berambisi sekali untuk mencari ilmu dan berkarir di luar Indonesia. Kenapa? Salah satu alasannya ialah karena diluar sana profesi dibidang IT labih dihargai. Baik dari segi gaji, fasilitas dan lain-lain. Bukan bermaksud muluk-muluk juga, namun bila ada kesempatan pasti akan saya ambil. Bagaimana caranya itu tercapai? Saya pernah membaca web blog orang Indonesia yang beliau bekerja sebagai web developer di Kuwait. Dan beliau ini yang mengajak dan menantang para pembacanya untuk mengikuti jejaknya disana. Dari situ saya terinspirasi untuk mengikuti jejaknya.Tentunya harus kaya pengalaman terlebih dahulu. Caranya yaitu mencari pengalaman terlebih dahulu di dalam negeri selama 2-4 tahun baru kemudian saya dapat dengan percaya diri melamar kemana pun yang saya mau.
Intinya kita harus percaya diri dengan impian dan kemampuan yang kita miliki. Jangan pernah sekali-sekali melemahkan diri dan kemampuan diri kita. Karena hidup hanya sekali dan semua orang memiliki kesempatan dan rizki yang telah diatur oleh Allah SWT. Bukankah dalam Alquran Allah telah berkata “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaumitu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka ” QS 13:11”. Jadi, Nothing is impossible!!.